Friday, August 11, 2017

√ Pengambilan Sampel Secara Insidental Atau Kebetulan

metode pengambilan sampel yang akan dibahas kali ini yakni metodel sampling insidental atau pengambilan sampel secara kebetulan. sebagai referensi suplemen kawan-kawan sanggup juga membaca artikel kami sebelumnya mengenai random sampling. selanjutnya kami akan memperlihatkan klarifikasi wacana apa dan bagaimana sampel insidental tersebut , yaitu sebagai berikut:


Sugiyono dalam bukunya “metode penelitian dan pengembangan” (2015) menjelaskan bahwa sampel insidental atau sampling insidental merupakan sebuah teknik yang dipakai untuk pengambilan sampel menurut kebetulan, artinya siapapun orangnya yang bertemu dengan peneliti sanggup dipakai sebagai sampel dengan catatan bahwa peneliti melihat orang tersebut layak dipakai sebagai sumber data.


berdasarkan definisi di atas, sanggup dijelaskan bahwa sampling insidental yakni sampel yang diperoleh oleh seorang peneliti secara kebetulan saja tanpa ada perencanaan terlebih dahulu dan peneliti meyakini bahwa orang tersebut layak dijadikan sumber info untuk penelitiannya.


metode pengambilan sampel yang akan dibahas kali ini yakni metodel sampling insidental at √ Pengambilan sampel secara insidental atau kebetulan


adapun referensi pengambilannya yakni sebagai berikut:


“Fulan yakni seorang peneliti yang sedang melaksanakan penelitian wacana kegiatan belajar siswa/i diluar jam sekolah, maka setiap siswa/i yang bertemu secara kebetulan dengan Fulan sanggup dijadikan sampel penelitiannya dengan catatan bahwa fulan yakin siswa/i tersebut layak dijadikan sumber informasi”


kawan-kawan, demikianlah yang sanggup kami sampaikan mengenai pengambilan sampel secara kebetulan atau insidental, kami berharap artikel ini sanggup membantu. sekian dan salam sukses dari kami, aamiin..



Sumber https://www.spssstatistik.com