Wednesday, April 4, 2018

√ Mengenal Jiwa Anak Didik

Mengenal anak didik bisa kita maknai mengetahui siapa dan bagaimana anak didik kita. Selayaknya guru, anak didik juga seorang insan yang mempunyai kebutuhan, keinginan, harapan, tujuan dalam hidupnya masing-masing. Dari kecilnya, anak didik berguru mengenal, mencoba dan menerapkan apa yang dipahaminya dan menyebarkan diri dengan rasa keingintahuannya. Melewati proses hidup anak didik yang dipengaruhi oleh keluarga, lingkungan dan di dunia pendidikan ia juga dipengaruhi oleh pendidikan. Dari pengalaman yang didapatnya dalam kehidupan sehari-hari, anak didik mempunyai kemampuan dan cara yang berbeda beda untuk hidup berkembang.

Original Source from : aciknadzirah.blogspot.com/search?q=kecerdasan-menurut-howard-gardner

Dengan adanya perbedaan di setiap anak didik, tentu saja kita sebagai guru mesti mengenal mereka baik dari latar belakang, lingkungan dan kemampuan yang ada didalam dirinya. Hal ini sangat mempunyai kegunaan bagi guru untuk memudahkan transfer /sharing wawasan dan pengalaman sang guru kepada anak didik. Dari diri anak didik, ia pun dengan gampang bisa mendapatkan dan memahami apa yang dipelajarinya dikala bersama "guru".

Untuk mengenal anak didik kita, kita mesti mengenal beberapa hal yang diantaranya yakni yang telah disebutkan sebelumnya yaitu:

Latar Belakang Anak Didik

Latar Belakang anak didik merupakan keadaan dari atau dimana ia berasal. Latar belakang anak didik kita bila dikaitkan dengan pendidikan keluarga yakni :
  1. Keluarga Sangat Peduli Pendidikan
  2. Keluarga Kurang Peduli Pendidikan
  3. Keluarga Acuh Pendidikan
Selain berdasarkan oleh pendidikan, latar belakang anak didik bisa juga dipengaruhi oleh tingkat ekonomi keluarga :
  1. Keluarga Berkelebihan
  2. Keluarga Berkecukupan
  3. Keluarga Berkekurangan

Psikologi

Psikologi atau dengan istilah umumnya yakni kejiwaan yaitu keilmuan yang mempelajari mengenai jiwa insan / anak didik. Setiap anak didik mempunyai kejiwaan yang berbeda-beda bahkan satu sama lain bisa saja sangat jauh perbedaannya. Berdasarkan psikologi, siswa kita bisa dibedakan menjadi Introvert dan Ekstrovert :
  1. Introvert yakni seseorang yang lebih mengutamakan berpikir akan dirinya.
  2. Ekstrovert yakni seseorang yang dimana lebih banyak berpikir akan lingkungan sekitar dia.
Sedangkan apabila dilihat dari segi kecerdasan, maka anak didik kita bisa dikenal dari macam kecerdasannya, yaitu :
  • Kecerdasan Emosional
  • Kecerdasan Intelektual
  • Kecerdasan Spritual

Fisikologi

Fisikologi yakni keilmuan yang dikhususkan mempelajari mengenai bab fisik anak didik.
  • Fisik normal yakni bentuk fisik dimana anak didik mempunyai bentuk, jumlah dan fungsi yang normal umumnya pada manusia. Pada tipe anak didik berfisik normal bisa digolongkan dan dibedakan menjadi per bab kepala dan wajah, tubuh bab atas atau badan, tubuh bab bawah.
  • Fisik absurd yakni bentuk fisik dimana anak didik mempunyai bentuk, jumlah dan fungsi yang tidak semestinya atau tidak dimiliki oleh insan pada umumnya. Dalam jenis ini, absurd tersebut secara umum digolongkan menjadi Tuna Netra (Gangguan Penglihatan), Tuna Rungu (Gangguan Pendengaran), Tuna Wicara (Gangguan Pembicaraan).

Sumber http://menofschool.blogspot.com