Download Buku Siswa dan Guru PPKn Kelas Delapan (8/VIII) SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Apabila pada jenjang SD/MI semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. PKKn dirancang untuk menghasilkan siswa yang mempunyai keimanan dan budpekerti mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sehingga sanggup berperan sebagai warga negara yang efektif dan bertanggung jawab. Pembahasannya secara utuh meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.
Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dirancang berbasis acara terkait dengan sejumlah tema kewarganegaraan yang dibutuhkan sanggup mendorong siswa menjadi warga negara yang baik melalui kepedulian terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat sekitarnya. Kepedulian tersebut ditunjukkan dalam bentuk partisipasi aktif dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan diri siswa. Kompetensi yang dihasilkan tidak lagi terbatas pada kajian pengetahuan dan keterampilan penyajian hasil dalam bentuk karya tulis, tetapi lebih ditekankan kepada pembentukan sikap dan tindakan nyata yang bisa dilakukan oleh tiap siswa. Dengan demikian akan terbentuk sikap cinta dan besar hati sebagai bangsa Indonesia.
Buku siswa dan guru PPKn Kelas Delapan (8/VIII) SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini menjabarkan usaha yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani dalam mencari sumber berguru lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku siswa dan guru PPKn Kelas Delapan (8/VIII) SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini sangat penting, guru sanggup memperkaya dengan kreasi dalam aneka macam bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Implementasi kurikulum 2013 pada tahun 2013 s/d 2015 telah menerima jawaban yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan seoptimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun aliran 2016/2017 dan seterusnya. Buku siswa dan guru PPKn Kelas Delapan (8/VIII) SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini merupakan edisi ketiga sebagai penyempurnaan dari edisi pertama dan edisi kedua. Buku siswa dan guru PPKn Kelas Delapan (8/VIII) SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan demi penyempurnaan. Oleh alasannya itu, kami mengundang para pembaca menawarkan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas donasi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah- mudahan kita sanggup menawarkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi emas seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Berikut yaitu tautan Download Buku Siswa dan Guru PPKn Kelas Delapan (8/VIII) SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017:
Download Buku Guru PPKn Kelas Delapan (8/VIII) SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Download Buku Siswa PPKn Kelas Delapan (8/VIII) SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Download Buku Siswa PPKn Kelas Delapan (8/VIII) SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Berikut yaitu kutipan dari buku tersebut:
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .............................................................................................. iii DAfTAR GAMBAR ................................................................................................ viii DAfTAR TABEL...................................................................................................... viii
Bagian 1 Petunjuk Umum Buku Guru Kelas VIII ........................................ 1
Bagian 2 Petunjuk Khusus Proses Pembelajaran .......................................... 51
BaB 1 Memahami Kedudukan dan fungsi Pancasila...................................... 51
A. Kompetensi Inti (KI) ........................................................................ 52
B. Kompetensi Dasar (KD) .................................................................. 52
C. Indikator ............................................................................................ 52
D. Materi Pembelajaran ........................................................................ 53
E. Proses Pembelajaran......................................................................... 55
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ...................................... 55
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ....................................... 62
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit) ....................................... 67
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit)................................... 72
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit)...................................... 76
BaB 2 Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ............................................... 87
A. Kompetensi Inti (KI) ........................................................................ 88
B. Kompetensi Dasar (KD) .................................................................. 88
C. Indikator ............................................................................................ 88
D. Materi Pembelajaran ........................................................................ 89
E. Proses Pembelajaran......................................................................... 90
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ...................................... 90
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ....................................... 97
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit) ....................................... 101
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit)................................... 107
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit)...................................... 112
A. Kompetensi Inti (KI) ........................................................................ 122
B. Kompetensi Dasar (KD) .................................................................. 122
C. Indikator ............................................................................................ 122
D. Materi Pembelajaran ........................................................................ 123
E. Proses Pembelajaran......................................................................... 124
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ...................................... 124
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ....................................... 130
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit) ....................................... 134
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit)................................... 140
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit)...................................... 146
BaB 4
Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 ......................................
157
A. Kompetensi Inti (KI) ........................................................................ 158
B. Kompetensi Dasar (KD) .................................................................. 158
C. Indikator ............................................................................................ 158
D. Materi Pembelajaran ........................................................................ 159
E. Proses Pembelajaran......................................................................... 160
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ...................................... 160
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ....................................... 165
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit) ....................................... 169
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit)................................... 172
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit)...................................... 179
BaB 5
Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika .....................
187
A. Kompetensi Inti (KI) ........................................................................ 188
B. Kompetensi Dasar (KD) .................................................................. 188
C. Indikator ............................................................................................ 188
D. Materi Pembelajaran ........................................................................ 189
E. Proses Pembelajaran......................................................................... 190
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ...................................... 190
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ....................................... 196
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit) ....................................... 200
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit)................................... 204
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit)...................................... 209
A. Kompetensi Inti (KI) ........................................................................ 222
B. Kompetensi Dasar (KD) .................................................................. 222
C. Indikator ............................................................................................ 222
D. Materi Pembelajaran ........................................................................ 223
E. Proses Pembelajaran......................................................................... 224
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ...................................... 224
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ....................................... 230
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit) ....................................... 233
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit)................................... 237
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit)...................................... 240
Pembelajaran Pertemuan Keenam (120 menit).................................... 244
DAfTAR PUSTAKA ...............................................................................................
253
GLOSARIUM ........................................................................................................... 256
INDEKS ..................................................................................................................... 260
PROfIL PENULIS ................................................................................................... 262
PROfIL PENELAAH .............................................................................................. 264
PROfIL EDITOR .................................................................................................... 270
KI dan KD Mata Pelajaran PPKn
a. Kompetensi Inti
Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VIII mempunyai empat kompetensi inti dan 24 kompetensi dasar. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, konsep kompetensi inti ini merupakan konsep yang baru.
Setiap kompetensi inti mempunyai kedudukannya masing-masing, yaitu:
a. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
b. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
c. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
d. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
KI 1, KI 2, dan KI 4 harus dikembangkan dan ditumbuhkan melalui proses pembelajaran setiap bahan pokok yang tercantum dalam KI 3. KI 1 dan KI 2 tidak diajarkan pribadi (direct teaching), tetapi indirect teaching pada setiap kegiatan pembelajaran.
Kompetensi Inti PPKn Kelas VIII:
Komptensi inti 1:
Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya.
Kompetensi inti 2:
Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi inti 3:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan pro-
sedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata.
Kompetensi inti 4:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi inti i
(Sikap Spiritual) Kompetensi inti 2 (Sikap Sosial)
1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya 2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar
1.1 Bersyukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa atas konsensus
nasional Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup
bangsa 2.1 Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
1.2 Menghargai makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa 2.2 Mendukung makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundangan
lainnya sesuai dengan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945
1.3 Bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa untuk nilai dan semangat Kebangkitan
nasional 1908 dalam usaha kemerdekaan Republik Indonsia 2.3 Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan hukum sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan
peraturan perundanga-undangan nasional
1.4 Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam usaha kemerdekaan Republik Indonesia secara lapang dada 2.4 Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting Kebangkitan nasional 1908 dalam usaha kemerdekaan Republik Indonesia
Demikian goresan pena perihal