Friday, June 21, 2019

√ Paragraf Persuasi – Pengertian, Ciri, Dan Jenisnya

Menurut laman kbbi.web.id, paragraf diartikan sebagai kepingan dari suatu kepingan yang biasanya mengandung suatu ilham pokok di dalamnya. Paragraf atau yang biasa disebut juga sebagai alinea memiliki sejumlah jenis, di mana salah satu diantara jenis-jenis paragraf tersebut yakni paragraf persuasi. Paragraf tersebut akan dibahas khusus pada artikel kali di mulai dari pengertian, ciri, dan jenisnya. Adapun pembahasan tersebut yakni sebagai berikut!


Pengertian Paragraf Persuasi


Paragraf persuasi merupakan paragraf yang berisi seruan atau bujukan untuk melaksanakan suatu hal atau membeli suatu benda. Ajakan atau bujukan yang ada di dalam paragraf ini terkadang bisa disampaikan secara pribadi atau dengan cara memperlihatkan sejumlah gosip terlebih dahulu. Paragraf ini sendiri termasuk ke dalam jenis-jenis paragraf menurut isinya, selain paragraf narasi, paragraf deskripsi, dan paragraf argumentasi.


Ciri-Ciri Paragraf Persuasi


Dalam artikel contoh kalimat dan paragraf persuasi, telah disebutkan bahwa paragraf persuasi memiliki sejumlah ciri, yaitu:



  • Adanya seruan untuk melaksanakan suatu hal.

  • Adanya sejumlah data, fakta, argumen, dan pola di dalamnya yang digunakan untuk memperkuat paragraf persuasi, sehingga para pembaca menjadi yakin dan mengikuti apa yang disampaikan di dalam paragraf persuasi tersebut.

  • Bahasa yang digunakan tidak bersifat kontroversial, sehingga tidak ada kontradiksi antara penulis dan pembaca, dan pembaca pun akan tertarik dan mengikuti paragraf yang ditulis tersebut.


Jenis-Jenis Paragraf Persuasi


Selain ciri, paragraf persuasi juga memiliki sejumlah jenis, di mana jenis-jenis paragraf persuasi tersebut adalah:



  1. Persuasi Propaganda: merupakan paragraf persuasi yang berisi imbauan yang disampaikan dengan sangat keras dan terang semoga pembaca mengikuti imabuan tersebut. Paragraf ini biasanya bisa ditemukan di sejumlah media cetak dan media daring, ibarat majalah, surat kabar, dan artikel-artikel di internet atau media daring.

  2. Persuasi Pendidikan: merupakan paragraf persuasi yang berisi pesan-pesan khusus yang ada hubungannya dengan dunia pendidikan. Paragraf ini biasa digunakan oleh instansi-instansi pendidikan yang hendak memberikan sebuah pesan yang ada kaitannya dengan dunia pendidikan, ibarat imbauan, motivasi belajar, panduan pendidikan, dan lain sebagainya.

  3. Persuasi Advertensi: merupakan paragraf persuasi yang digunakan untuk kepentingan komersil atau sebagai iklan bagi suatu produk, di mana tujuan utama paragraf persuasi ini yakni untuk memperkenalkan dan juga membujuk para pembaca untuk membeli produk yang ditawarkan melalui paragraf ini. Paragraf ini biasanya digunakan oleh pihak-pihak yang hendak mempromosikan dan menjual produk-produknya.

  4. Persuasi Politik: merupakan paragraf persuasi yang bertujuan untuk membujuk pembaca untuk mengikuti suatu partai atau menentukan wakil rakyat yang mereka usung dalam suatu pemilihan tempat ataupun pemilihan umum. Paragraf ini tentu saja digunakan oleh para partai politik dan bisa ditemukan di banyak sekali media, baik itu cetak, elektronik, maupun daring.


Demikianlah pembahasan mengenai paragraf persuasi yang dimulai dari defini hingga ke jenis-jenisnya. Jika pembaca ingin mengetahui ibarat apa bentuk paragraf persuasi, maka pembaca bisa membuka artikel contoh paragraf persuasi perihal lingkungan, contoh paragraf persuasi perihal teknologi, contoh paragraf persuasi perihal internet, contoh paragraf persuasi perihal sampah, contoh paragraf persuasi perihal kesehatan, contoh paragraf persuasi perihal pendidikan, dan contoh paragraf persuasi perihal iklan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai paragraf persuasi khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.



Sumber https://dosenbahasa.com