Friday, April 28, 2017

√ Pengertian Populasi Berdasarkan Beberapa Andal Dan Jenis-Jenis Populasi

Penelitian selalu berhadapan dengan sumber data yang biasa disebut dengan populasi dan sampel penelitian. Penentuan sumber data tersebut bergantung pada dilema yang akan diteliti, dan hipotesis yang akan diuji kenerannya. Dalam hal ini tampak dilema populasi dan sampel sebagai sumber data yang mempunyai tugas yang sangat penting.


Penelitian selalu berhadapan dengan sumber data yang biasa disebut dengan populasi dan sam √ Pengertian Populasi Menurut Beberapa Ahli dan Jenis-Jenis Populasi

#1. Pengertian dari Populasi 
Secara singkat populasi sanggup diartikan sebagai:
  • Sekumpulan unsur atau elemen yang menjadi obyek penelitian dan obyek populasi itu merupakan satuan analisis.
  • Sekelompok obyek, baik manusia, gejala, nilai tes, benda atau peristiwa.
  • Semua individu untuk siap kenyataan-kenyataan yang diperoleh dari sampel-sampel itu hendak digeneralisasikan (Hadi, 1983).
  • Jumlah keseluruhan unit analisis yang ciri-cirinya akan diduga.
Dari beberapa pengertian tersebut, sanggup disimpulkan populasi ialah keseluruhan obyek penelitian yang sanggup terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, gejala, nilai tes, atau insiden sebagai sumber data yang mempunyai karakteristik  tertentu dalam suatu penelitian.
#2. Jenis-jenis dari Populasi 
a. Berdasarkan Jumlah Populasinya Dibagi Menjadi Dua Jenis
  • Populasi terbatas ialah sumber data yang terang batasanya secara kuantitatif, sehingga relatif sanggup dihitung jumlahnya. Populasi ini mempunyai ciri terbatas. Contoh: Tiga juta perempuan pada tahun 1985; dengan karakteristik mengikuti aktivitas KB
  • Populasi tak terbatas; ialah sumber data yang tidak sanggup ditentukan jumlah batasannya sehingga relati tidak sanggup dinyatakan dalam bentuk jumlah. Contohnya : Narapidana Indonesia
b. Berdasarkan Sifat Populasi
  • Populasi Homogen: ialah populasi yang unsurnya mempunyai sifat yang sama sehingga tidak perlu dipersoalkan jumlahnya secara kuantitatif. Populasi menyerupai ini banyak dijumpai dalam ilmu eksakta.
  • Populasi heterogen: ialah sumber data yang unsurnya mempunyai sifat yang bervariasi, sehingga perlu ditetapkan batas-batasannya secara kualitatif dan kuantitatif. Pada umumnya, populasi yang heterogen terjadi pada penelitian dibidang sosial dan obyeknya insan atau tanda-tanda dalam kehidupan manusia.
c. Berdasarkan perbedaan lain
  • Populasi target: jenis populasi ini merupakan populasi yang telah ditentukan sesuai dengan dilema penelitian.
  • Populasi survey: jenis populasi ini merupakan populasi yang terliput dalam penelitian yang dilakukan.
Pada dasarnya, dalam keadaan yang ideal, populasi sasaran hampir sama dengan populasi survey, tetapi dalam prakteknya, populasi sasaran berbeda dengan populasi survey. Perbedaan tersebut biasanya terjadi sebab adana penolakan adanya responden untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian.

Nah gaes, Itulah artikel perihal pengertian dan jenis-jenis dari populasi yang kamir rangkum dari buku panduan praktikum metodologi penelitian yang disusun oleh tim pembina dan tangan kanan laboratorium komunikasi dan penyuluhan pertanian fakultas pertanian universitas jember. Terkait dengan artikel tersebut apakah ada yang ditanyakan.

Sumber http://www.galinesia.com